Mau Oleh-Oleh Khas Kota Mojokerto.??? Clicking Here!

Ad 468 X 60


Thursday 17 January 2013

Widgets

Macam-Macam Jaringan Pada Komputer

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba share tentang Macam-macam jaringan pada komputer yang sering digunakan pada umumnya. Karena juga masih banyak yang masih awam dengan Macam-macam jaringan. Terkadang orang masih bingung antara Macam jaringan dengan Macam Topologi jaringan, maka dari itu saya akan membahas-nya disini. Untuk sobat yang masih duduk di bangku kelas XI tentu-nya sudah tidak asing lagi dengan Jaringan semacam ini.

Ok, langsung aja To The Point.
Secara umum jaringan dibagi menjadi 5 (Lima), yaitu:

=> LAN (Local Area Network)

LAN(Local Area Network) merupakan suatu jenis jaringan komputer dengan mencakup wilayah lokal saja. Dengan menggunakan perangkat jaringan yang cukup sederhana, seperti: Kabel UTP, Hub/Switch, Router, dll. Salah satu contoh bentuk jaringan LAN adalah Laboratorium TKJ, dimana komputer satu dengan komputer lainnya saling terhubung dalam satu lokal.






Keuntungan Jaringan LAN:
.:: Dapat melakukan Sharing File and Printer dengan mudah
.:: Proses backup data menjadi lebih mudahDapat berkomunikasi dengan mudah
.:: Apabila ada salah satu komputer yang mengalami masalah, komputer yang lain masih dapat mengakses Jaringan atau internet.

=> MAN (Metropolitan Area Network)

MAN (Meteropolitan Area Network) merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor atau perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga saling terhubung antar kota ke  kota. Untuk membangun jaringan MAN biasanya diperlukan ada-nya operator telekomunikasi untuk menghubungkan kedua jaringan tersebut.


Kentungan Jaringan MAN:

.:: Cakupan wilayah jaringan lebih Luas, sehingga mudah dalam berkomnikasi
.:: Keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik
.:: Sifat-nya yang Efisien

=> WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Ara Network) merupakan jenis jaringan yang lebih luas lagi dibandingkan dengan jaringan LAN dan WAN. Teknologi jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lain. Jaringan WAN biasanya menggunakan kabel Fiber Optik serta menanamkan-nya dalam tanah.




Keuntungan Jaringan WAN:

.:: Dapat mengirimkan file melalui E-mail atau transfer file dari kantor cabang ke kantor pusat dengan biaya yang murah dan cepat
.:: Tukar menukar informasi menjadi lebih rahasia (Private) dan terarah
.:: Mempermudah dalam hal Bisnis

Sekian yang dapat saya share kali ini, semoga bermanfaat..

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Fandri Christanto
Thanks ya sobat udah mampir di blog ane, jangan lupa tinggalkan jejak sobat berupa comment, Mengenal lebih dekat tentang sayaRead More →

0 komentar: